Wednesday, December 26, 2018

Menandai Post Label Tertentu Dengan Tag Kondisional

Menandai Post Label Tertentu dengan Tag Kondisional - Seperti yang kita tahu sekarang Blogger mengupdate fitur-fitur terbaru yang dapat kita manfaatkan semoga acara blogging menjadi semakin menarik. Salah satu fitur barunya ialah fitur Lambda Expression yang dapat mempersingkat penuisan markup pada tag kondisional tertentu sehingga akan menjadi lebih sederhana dan menghemat penulisan kode.

Menandai Post Label Tertentu dengan Tag Kondisional Menandai Post Label Tertentu dengan Tag Kondisional

Sebagai teladan pada tutorial blog kali ini aku akan memanfaatkan fitur tersebut pada post label di halaman index.

Disini kita dapat menambahkan icon, gambar maupun tulisan. Pada teladan ini aku akan menunjukkan post label dengan icon fontawesome menyerupai gambar di bawah ini.

Menandai Post Label Tertentu dengan Tag Kondisional Menandai Post Label Tertentu dengan Tag Kondisional

Bukan hanya ditambahkan pada satu label saja, sahabat juga dapat menambahkan beberapa label tertentu dan membedakan tampilannya dengan mudah.

Bagaimana cara membuatnya?


Di bawah ini ialah instruksi yang dipakai untuk memunculkan icon jikalau sahabat memilih label tertentu pada postingan. instruksi di bawah ini dapat sahabat simpan sebelum instruksi epilog head.

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'> <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'> <script type='text/javascript'> //<![CDATA[ //Post Label function label_pilihan(e){labelku=new Array,labelku[1]="<div class='badge badge1'><div class='badge-img'><i class='fa fa-star'></i></div></div>",labelku[2]="<div class='badge badge2'><div class='badge-img'><i class='fa fa-video-camera'></i></div></div>",labelku[3]="<div class='badge badge3'><div class='badge-img'><i class='fa fa-camera'></i></div></div>",labelku[4]="<div class='badge badge4'><div class='badge-img'><i class='fa fa-music'></i></div></div>",labelku[5]="<div class='badge badge5'><div class='badge-img'><i class='fa fa-paint-brush'></i></div></div>","Hot"==e&&document.write(labelku[1]),"Video"==e&&document.write(labelku[2]),"Gambar"==e&&document.write(labelku[3]),"Musik"==e&&document.write(labelku[4]),"Lukisan"==e&&document.write(labelku[5])} //]]> </script> </b:if> </b:if>

Kode yang ditandai merupakan nama-nama label yang ditentukan dan instruksi yang dapat sahabat ganti nantinya dengan kreasi sendiri.

Kode pemanggil

<b:loop values='data:post.labels' var='label'> <script type='text/javascript'>label_pilihan(&quot;<data:label.name/>&quot;);</script> </b:loop>

Untuk instruksi pemanggilnya dapat sahabat simpan di dalam markup post.

<b:includable id='post' var='post'>...</b:includable>

Atau dapat juga disimpan di dalam markup ini

<b:includable id='main' var='top'>...</b:includable>

CSS

Agar menciptakan tampilannya lebih menarik, sahabat dapat menambahkan CSS menyerupai di bawah ini

/* Post Label */ .badge{background:#95a5a6;color:#fff;position:absolute;font-weight:normal;line-height:1;bottom:0;right:0;left:0;display:block;text-align:center;width:100%;height:50px;line-height:50px;font-size:18px;z-index:1;transition:all .3s} .badge1{background:#e89c0f;opacity:.98} .badge2{background:#40d47e;opacity:.98} .badge3{background:#3498db;opacity:.98} .badge4{background:#1abc9c;opacity:.98} .badge5{background:#95a5a6;opacity:.98} .post:hover .badge{color:rgba(255,255,255,.6);font-size:44px;height:100%;line-height:100%} .post:hover .badge-img{margin:85px 0 0 0}

Cara kerja dari instruksi di atas ialah jikalau sahabat menunjukkan label pada postingan tertentu, maka otomatis akan memunculkan icon yang sudah dimodifikasi menyerupai teladan di bawah ini.


Semoga dengan teladan Menandai Post Label Tertentu dengan Tag Kondisional yang sudah aku bagikan akan menunjukkan wangsit bagi sahabat semua. Terima kasih.
Sumber http://arlinadesign.blogspot.com

Artikel Terkait

Menandai Post Label Tertentu Dengan Tag Kondisional
4/ 5
Oleh